Kata
Pengantar
Segala Puji syukur bagi Tuhan Yang
Maha Kuasa atas semua karunia sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan
makalah laporan kegiatan saya ini dalam bentuk maupun isi yang sangat
sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan,
petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam
profesikeguruan.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Saya menyadari segala keterbatasan yang saya miliki, oleh karena itu saya memohon saran dan kritik kepada semua pihak agar makalah laporan ini menjadi sempurna. Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan banyak terima kasih. Semoga makalah laporan ini dapat bermanfaat dan memberikan kelancaran. Amin.
Penulis
I.
LATAR
BELAKANG
Sesuai
dengan UU No. 17 tahun 2007 tentang rencana jangka panjang pembangunan nasional
(RP-JPN) tahun 2005-2025 pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan
kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan
derajat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Indonesia merupakan salah satu
Negara yang ikut mengadopsi kesepakatan tujuan pembangunan melenium (MDGs) yang
menetapkan target – target pencapaian tujuan MDGs di tahun 2015.
Sasaran
pembangunan millennium MDGs adalah 8 tujuan yang diupayakan untuk dicapai pada
tahun 2015 yang merupakan tantangan utama dalam pembangunan khususnya
pembangunan bidang kesehatan yang meliputi meningkatkan pendapatan perkavita,
penghapusan kemiskinan, menurunkan proforsi pendudukan yang menderita kelaparan
mencapai pendidikan dasar, mengurangi tingkat kematian anak, menurunkan angka
kematian ibu, mengendalikan penyebaran HIV/AIDS dan menjamin kesehatan
lingkungan. Sumber daya pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan adalah
sumber daya pendidikan tenaga kesehatan yang meliputi standar kompetensi,
kurikulum dan metode pendidikan dan terjun langsung kelapangan atau praktek
secara nyata.
Mahasiswa
akademi kebidanan merupakan salah satu bakal atau calon tenaga kesehatan yang
diharapkan mampu memberikan asuhan kebidanan komunitas atau masyarakat. Sesuai
dengan standart pelayanan dan standart kompetensi yang menguasai IPTEK,
bertanggung jawab dan berdaya saing tinggi.
II.
TUJUAN
a. Tujuan
instruksional umum
Setelah melaksanakan PBL Puskesmas Mahasiswa
mampu mengaplikasikan konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat dilahana praktek,
antara lain konsep dasar kesehatan masyarakat, Indonesia sehat 2015, konsep
public health care, pendekatan keluarga/kelompok/masyarakat, program – program
KIA dimasyarakat, pengelolaan kebidanan komunitas dan penggerakan peran serta
masyarakat.
b. Tujuan
Instruksional Khusus
Setelah melaksanakan PBL diharapkan mahasiswa
mampu :
1. Mengaplikasikan
konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat dilahan praktek puskesmas
2. Menguraikan
Indonesia sehat 2015 dan konsep Public Health Care dalam pelayanan kesehatan
masyarakat
3. Melakukan
pendekatan keluarga/kelompok/masyarakat dalam pelayanan kesehatan masyarakat
4. Memperoleh
data tentang institusi pelayanan kesehatan masyarakat dan program – program KIA
dimasyarakat
5. Mengelola
pelayanan kebidanan komunitas serta menggerakkan peran serta masyarakat dalam
pelayanan kesehatan masyarakat.
VISI dan MISI
Visi
·
Mewujudkan masyarakat kota Tebing Tinggi yang
Beriman, bertaqwa, Maju, Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan dalam Kebinekaan.
Misi
·
Menyelenggarakan pembinaan mental spiritual
masyarakat sumber daya aparatur untuk mewujudkan insan yang bertaqwa kepada
Tuhan yang Maha Esa
·
Menyelenggarakan pendidikan yang lebih
berkualitas secara terpadu, merata, terjangkau, dan memiliki wawasan kebangsaan
·
Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan
peningkatan kualitas hidup untuk mewujudkan masyarakat cerdas, sehat, dan
berkualitas
·
Melanjutkan pembangunan kota Tebing Tinggi
sebagai kota yang memiliki produktivitas, inovasi, kreatifitas, berorientasi
pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan
·
Menyelenggarakan pembangunan infrastruktur,
sarana dan prasarana secara terkoordinasi dengan titik berat penanggulangan
banjir
·
Melaksanakan pembinaan UMKM (Usaha Mikro Kecil
dan Menengah) secara terpadu menyeluruh dan mensejahterakan masyarakat melalui
pemanfaatan usaha yang memiliki prosfek
·
Menyelenggarakan peningkatan kualitas sumber
daya aparatur dan SDM untuk meningkatkan daya saing dan kesempatan kerja
·
Menyelenggarakan pembangunan pembinaan sosial
kemasyarakatan secara berkeadilan, taat azas, taat prosedur dengan menjunjung
tinggi tertib hukum.
STANDART
PELAYANAN PUSKESMAS PASAR GAMBIR
Loket : Tempat pendaftaran dan pengambilan
kartu
v Pasien
mendaftar
v Menunjukkan
kartu
v Membayar
karcis Rp. 1.000
v Karcis gigi
Rp.2.500
v Waktu
pelayanan 5 menit
KIA/KB : Tempat pemeriksaan ibu dan anak, serta
istri yang akan menggunakan program KB
v Pasien
masuk ruang periksa
v Anamnese
v Pemeriksaan
KDG (7T)
v Pemberian
resep
v Konseling/KIE
v Rujuk bila
perlu
v Waktu pelayanan
10 menit
Laboratorium : Tempat pemeriksaan sampel darah atau
sputum
v Pasien
masuk ruang periksa
v Menyerahkan
lembar pemeriksaan darah
v Pemeriksaan
sputum
v Pasien
kembali ke poli umum
v Waktu
pelayanan 30 menit
Poli Umum : Tempat dimana pasien dapat tahu diagnosa
penyakitnya
v Pasien
masuk ruangan
v Anamneses
v Pemeriksaan
fisik
v Menetapkan
diagnosa
v Menuliskan
resep
v Waktu
pelayanan 10 menit
Imunisasi:
Tempat pemberian imunisasi untuk bayi dan balita
v Pasien
masuk ruangan
v Menunjukkan
KMS lama
v Menunjukkan
KMS baru
v Menimbang
BB
v Memberikan
imunisasi
v Memberikan
obat
v Waktu
pelayanan 10 menit
Gizi: Memberikan pelayanan tentang gizi yang baik
untuk bayi dan balita
v Pasien
masuk ruangan
v Menunjukkan
KMS lama
v Menunjukkan
KMS baru
v Menimbang
berat badan
v Konsling
gizi/makanan
v Waktu
pelayanan 10-15 menit
Poli gigi:
tempat untuk pemeriksaan gigi
v Pasien
masuk ruangan
v Anamneses
v Pemeriksaan
fisik
v Menetapkan
diagnosa
v Melakukan
tindakan
v Menuliskan
resep
v Waktu
pelayanan 20 menit
Apotik : Tempat pengambilan obat serta
pembayaran obat yang telah diresepkan
v Pasien
menyerahkan resep
v Pasien
menerima obat sesuai resep
v Waktu
pelayanan 5-10 menit
PELAYANAN – PELAYANAN DI PUSKESMAS PASAR
GAMBIR
Adapun
pelayanan yang dilakukan diruangan adalah sebagai berikut
a. Loket :
v Pendaftaran
pasien lama
v Pendaftaran
pasien baru
v Pendaftaran
pasien yang mengambil surat kesehatan
v Pendaftaran
pasien yang ingin mengurus SIM
v Penulisan
surat keterangan sakit pasien
v Penulisan
rujukan Askes/Jamkesmas/Jamkesda
v Pemberian
kartu status dan kertas resep obat
v Pasien
rujukan yang tidak terdaftar diwilayah Pasar Gambir tidak dibenarkan mengambil
surat rujukan, tetapi boleh berobat
b. KIA/KB :
v Melakukan
anamnese
v Melakukan
pemeriksaan kepada ibu hamil / speksi
v Pengisian
KMS
v Melakukan pemeriksaan
standart ibu hamil (7T), seperti :
-
Pemeriksaan Tekanan darah
-
Ukur Tinggi badan dan berat badan
-
Ukur Tinggi fundus uteri
-
Tes PMS
-
TT(Tetanus Toxoid)
-
Pemberian Tablet Fe
-
Melakukan Temu wicara (konseling)
v Memberikan
pelayanan KB kepada ibu, seperti melakukan suntik KB 1 bulan
atau 3 bulan.
v Memberikan
konseling kepada ibu yang berKB
v Pemberian
resep
v Merujuk ke
rumah sakit apabila tidak bisa ditangani di puskesmas
c. Laboratorium :
v Melakukan
pemeriksaan sampel darah
v Melakukan
pemeriksaan sputum
v Menyerahkan
hasil laboratorium kepada pasien
v Pemberitahuan
hasil laboratorium kepada pasien
v Pasien yang
ditangani dianjurkan foto ronsen ke rumah sakit umum
v Merujuk ke
rumah sakit umum apabila tidak bisa ditangani di puskesmas
v Pasien TB
Paru berobat paket 6 bulan
v Member PMT
kepada pasien TB Paru (+)
d. Poli Umum :
v Melakukan
anamnese
v Melakukan
vital sign
v Menetapkan
diagnosa pasien
v Memberikan
konseling
v Memberikan
resep
Contoh :
Nama :
Junita
Umur :
19 tahun
Anamnese :
badan demam ± 2 hari, batuk, pilek, Flu dan perut terasa nyeri
TD :
100/60 mmHg
Temp :
380C
Pols :
80 x/i
RR :
20 x/i
Therapy :
amoxicillin, paracetamol, dexamethason, gg, ctm, vit. B comp, antasida 3X1
v Merujuk ke
rumah sakit apabila tidak bisa ditangani puskesmas
e. Imunisasi :
v Melakukan
anamnese
v Menunjukkan
KMS
v Pasien baru
diberikan KMS baru
v Menimbang
BB
v Melakukan
pengukuran panjang badan bayi
v Melakukan
pengukuran LILA
v Melakukan
imunisasi seperti penyuntikan dll
v Memberikan
obat
v Mencatat
data di KMS peserta
v Memberikan
konseling
f. Gizi/Kesling :
v Melakukan
anamnese
v Menunjukkan
KMS
v Pasien baru
diberikan KMS baru
v Menimbang
berat badan
v Melakukan
pengukuran LILA
v Memberikan
konseling gizi atau makanan sesuai dengan berat badan
g. Poli Gigi :
v Melakukan
anamnese
v Melakukan
vital sign
v Menetapkan
diagnosa pasien
v Melakukan
tindakan seperti pencabutan gigi dll
v Memberikan
konseling
v Menuliskan
resep obat pasien
v Merujuk
pasien ke rumah sakit apabila tidak bisa ditangani di puskesmas
h. Apotik :
v Mengambil
kertas resep pasien
v Menyiapkan
obat pasien
v Memberikan obat
kepada pasien sesuai resep
v Memberitahukan
petunjuk pemakaian obat
v Pasien
pulang, pembayaran pasien Umum : Rp. 10.000,-
v Pasien
pulang, pembayaran pasien Askes : Gratis
Tugas
Kantor Kepala Tata Usaha :
§ Memimpin
pelaksanaan tugas sub bagian tata usaha UPTD Puskesmas
§ Menyusun
rencana dan program kerja sub bagian tata usaha UPTD Puskesmas
§ Mengoordinasikan
dan mengendalikan kegiatan bawahan
§ Mendistribusikan
pekerjaan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan
§ Mengoordinasikan
pelaksanaan pengawasan pelayanan kesehatan masyarakat
§ Menyelenggarakan
ketatausahaan yang meliputi administrasi umum, administrasi keuangan,
administrasi kepegawaian, perlengkapan, perencanaan, dan pengolahan data.
§ Menyelenggarakan
urusan rumah tangga lingkup UPTD puskesmas
§ Melaksanakan
pengelolaan surat masuk/keluar dan menata serta memelihara semua arsip/naskah
dinas
§ Memfasilitasi
berbagai macam pengaduan masyarakat baik melalui kotak saran, media
cetak/elektronik maupun yang datang secara langsung sesuai dengan kewenangan
nya
§ Menyiapkan
data, informasi dan dokumentasi sebagai bahan penyusunan laporan UPTD puskesmas
§ Memberikan
saran pertimbangan kepada atasan, dan
§ Melaksanakan
tugas lain yang diberikan oleh kepala UPTD puskesmas sesuai dengan tugas dan
fungsinya.
ALUR
PELAYANAN PUSKESMAS PASAR GAMBIR
KOTA
TEBING TINGGI
Pasien Datang
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Ruang kartu
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Ruang Tunggu
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image007.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image008.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image009.gif)
Poli Umum
|
Poli
Gigi
|
KIA
|
KB
|
Imunisasi
|
Laboratorium
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image010.gif)
Apotik/Kasir
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image011.gif)
Pasien Pulang
|
STRUKTUR
ORGANISASI PUSKESMAS PASAR GAMBIR KOTA TEBING TINGGI
Kepala Puskesmas
|
dr. Irvan D
![]() |
KA. Tata
usaha
|
Safwan,
SKM
Nip.197109101994031003
|
![]() |
|||
![]() |
Urusan Kesling
|
Rohana
samosir, SKM
Nip.19670724989032001
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image015.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image016.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image018.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image020.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.gif)
Urusan
Promkes
|
drg. Jenni Walsa. S
Nip.198101082011012005
|
Urusan
KB/KIA
|
Herlina
Pasaribu
Nip.196712291989032001
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image022.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image023.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image024.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image026.gif)
Pengobatan
|
dr. Indri wahyuni R
Nip.198406222010012042
|
Gizi
|
Rosdiana
L. Tobing
Nip.196712291989032001
|
Urusan
P2M
|
Yuslina,
SST
Nip.1969081995032002
|
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image027.gif)
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image028.gif)
Urusan Pengembangan
|
drg.
Jenni walsa S
Nip.198101082011012005
|
![]() |
Bikel
Bandar Utama
|
Erika
Juniar
Nip.198707162009042002
|
Bikel
Pasar Baru
|
Mahani
Nip.02.4.048.10344
|
![]() |
Bikel
Pasar Gambir
|
Hamidah
Nip.197908262003122006
|
Bikel
Mandailing
|
Hujaimah
Nip.02.4.048.10344
|
DENAH PUSKESMAS
![](file:///C:\Users\win7\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image031.gif)
|
|
|
|
||||||||
|
|||||||||||
|
|||||||||||
![]() |
|||||||||||
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
|
|||||||||||
RUANG
TUNGGU
AULA
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking