Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Dinsdag 30 April 2013

STANDART PELAYANAN PUSKESMAS PASAR GAMBIR



Kata Pengantar

          Segala Puji syukur bagi Tuhan Yang Maha Kuasa atas semua karunia sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah laporan kegiatan saya ini dalam bentuk maupun isi yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesikeguruan.
          Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

          Saya menyadari segala keterbatasan yang saya miliki, oleh karena itu saya memohon saran dan kritik kepada semua pihak agar makalah laporan ini menjadi sempurna. Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan banyak terima kasih. Semoga makalah laporan ini dapat bermanfaat dan memberikan kelancaran. Amin.





Penulis    
I.            LATAR BELAKANG
              Sesuai dengan UU No. 17 tahun 2007 tentang rencana jangka panjang pembangunan nasional (RP-JPN) tahun 2005-2025 pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Indonesia merupakan salah satu Negara yang ikut mengadopsi kesepakatan tujuan pembangunan melenium (MDGs) yang menetapkan target – target pencapaian tujuan MDGs di tahun 2015.
          Sasaran pembangunan millennium MDGs adalah 8 tujuan yang diupayakan untuk dicapai pada tahun 2015 yang merupakan tantangan utama dalam pembangunan khususnya pembangunan bidang kesehatan yang meliputi meningkatkan pendapatan perkavita, penghapusan kemiskinan, menurunkan proforsi pendudukan yang menderita kelaparan mencapai pendidikan dasar, mengurangi tingkat kematian anak, menurunkan angka kematian ibu, mengendalikan penyebaran HIV/AIDS dan menjamin kesehatan lingkungan. Sumber daya pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan adalah sumber daya pendidikan tenaga kesehatan yang meliputi standar kompetensi, kurikulum dan metode pendidikan dan terjun langsung kelapangan atau praktek secara nyata.
          Mahasiswa akademi kebidanan merupakan salah satu bakal atau calon tenaga kesehatan yang diharapkan mampu memberikan asuhan kebidanan komunitas atau masyarakat. Sesuai dengan standart pelayanan dan standart kompetensi yang menguasai IPTEK, bertanggung jawab dan berdaya saing tinggi.




























II.          TUJUAN
a.      Tujuan instruksional umum
Setelah melaksanakan PBL Puskesmas Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat dilahana praktek, antara lain konsep dasar kesehatan masyarakat, Indonesia sehat 2015, konsep public health care, pendekatan keluarga/kelompok/masyarakat, program – program KIA dimasyarakat, pengelolaan kebidanan komunitas dan penggerakan peran serta masyarakat.
b.     Tujuan Instruksional Khusus
Setelah melaksanakan PBL diharapkan mahasiswa mampu :
1.      Mengaplikasikan konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat dilahan praktek puskesmas
2.    Menguraikan Indonesia sehat 2015 dan konsep Public Health Care dalam pelayanan kesehatan masyarakat
3.     Melakukan pendekatan keluarga/kelompok/masyarakat dalam pelayanan kesehatan masyarakat
4.    Memperoleh data tentang institusi pelayanan kesehatan masyarakat dan program – program KIA dimasyarakat
5.     Mengelola pelayanan kebidanan komunitas serta menggerakkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan masyarakat.



VISI dan MISI
Visi
·        Mewujudkan masyarakat kota Tebing Tinggi yang Beriman, bertaqwa, Maju, Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan dalam Kebinekaan.
Misi
·        Menyelenggarakan pembinaan mental spiritual masyarakat sumber daya aparatur untuk mewujudkan insan yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
·        Menyelenggarakan pendidikan yang lebih berkualitas secara terpadu, merata, terjangkau, dan memiliki wawasan kebangsaan
·        Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan peningkatan kualitas hidup untuk mewujudkan masyarakat cerdas, sehat, dan berkualitas
·        Melanjutkan pembangunan kota Tebing Tinggi sebagai kota yang memiliki produktivitas, inovasi, kreatifitas, berorientasi pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan
·        Menyelenggarakan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana secara terkoordinasi dengan titik berat penanggulangan banjir
·        Melaksanakan pembinaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) secara terpadu menyeluruh dan mensejahterakan masyarakat melalui pemanfaatan usaha yang memiliki prosfek
·        Menyelenggarakan peningkatan kualitas sumber daya aparatur dan SDM untuk meningkatkan daya saing dan kesempatan kerja
·        Menyelenggarakan pembangunan pembinaan sosial kemasyarakatan secara berkeadilan, taat azas, taat prosedur dengan menjunjung tinggi tertib hukum.


  
  
 


STANDART PELAYANAN PUSKESMAS PASAR GAMBIR
Loket          : Tempat pendaftaran dan pengambilan kartu
v Pasien mendaftar
v Menunjukkan kartu
v Membayar karcis Rp. 1.000
v Karcis gigi Rp.2.500
v Waktu pelayanan 5 menit
KIA/KB      : Tempat pemeriksaan ibu dan anak, serta istri yang akan menggunakan program KB
v Pasien masuk ruang periksa
v Anamnese
v Pemeriksaan KDG (7T)
v Pemberian resep
v Konseling/KIE
v Rujuk bila perlu
v Waktu pelayanan 10 menit

Laboratorium       : Tempat pemeriksaan sampel darah atau sputum
v Pasien masuk ruang periksa
v Menyerahkan lembar pemeriksaan darah
v Pemeriksaan sputum
v Pasien kembali ke poli umum
v Waktu pelayanan 30 menit

Poli Umum : Tempat dimana pasien dapat tahu diagnosa penyakitnya
v Pasien masuk ruangan
v Anamneses
v Pemeriksaan fisik
v Menetapkan diagnosa
v Menuliskan resep
v Waktu pelayanan 10 menit
Imunisasi: Tempat pemberian imunisasi untuk bayi dan balita
v Pasien masuk ruangan
v Menunjukkan KMS lama
v Menunjukkan KMS baru
v Menimbang BB
v Memberikan imunisasi
v Memberikan obat
v Waktu pelayanan 10 menit


Gizi:  Memberikan pelayanan tentang gizi yang baik untuk bayi dan balita
v Pasien masuk ruangan
v Menunjukkan KMS lama
v Menunjukkan KMS baru
v Menimbang berat badan
v Konsling gizi/makanan
v Waktu pelayanan 10-15 menit
Poli gigi: tempat untuk pemeriksaan gigi
v Pasien masuk ruangan
v Anamneses
v Pemeriksaan fisik
v Menetapkan diagnosa
v Melakukan tindakan
v Menuliskan resep
v Waktu pelayanan 20 menit
Apotik        : Tempat pengambilan obat serta pembayaran obat yang telah diresepkan
v Pasien menyerahkan resep
v Pasien menerima obat sesuai resep
v Waktu pelayanan 5-10 menit


















PELAYANAN – PELAYANAN DI PUSKESMAS PASAR GAMBIR
Adapun pelayanan yang dilakukan diruangan adalah sebagai berikut
a.      Loket     :
v Pendaftaran pasien lama
v Pendaftaran pasien baru
v Pendaftaran pasien yang mengambil surat kesehatan
v Pendaftaran pasien yang ingin mengurus SIM
v Penulisan surat keterangan sakit pasien
v Penulisan rujukan Askes/Jamkesmas/Jamkesda
v Pemberian kartu status dan kertas resep obat
v Pasien rujukan yang tidak terdaftar diwilayah Pasar Gambir tidak dibenarkan mengambil surat rujukan, tetapi boleh berobat

b.     KIA/KB :
v Melakukan anamnese
v Melakukan pemeriksaan kepada ibu hamil / speksi
v Pengisian KMS
v Melakukan pemeriksaan standart ibu hamil (7T), seperti :
-         Pemeriksaan Tekanan darah
-         Ukur Tinggi badan dan berat badan
-         Ukur Tinggi fundus uteri
-         Tes PMS
-         TT(Tetanus Toxoid)
-         Pemberian Tablet Fe
-         Melakukan Temu wicara (konseling)
v Memberikan pelayanan KB kepada ibu, seperti melakukan suntik KB 1 bulan
atau 3 bulan.
v Memberikan konseling kepada ibu yang berKB 
v Pemberian resep
v Merujuk ke rumah sakit apabila tidak bisa ditangani di puskesmas

c.      Laboratorium  :
v Melakukan pemeriksaan sampel darah
v Melakukan pemeriksaan sputum
v Menyerahkan hasil laboratorium kepada pasien
v Pemberitahuan hasil laboratorium kepada pasien
v Pasien yang ditangani dianjurkan foto ronsen ke rumah sakit umum
v Merujuk ke rumah sakit umum apabila tidak bisa ditangani di puskesmas
v Pasien TB Paru berobat paket 6 bulan
v Member PMT kepada pasien TB Paru (+)


d.     Poli Umum     :
v Melakukan anamnese
v Melakukan vital sign
v Menetapkan diagnosa pasien
v Memberikan konseling
v Memberikan resep

Contoh :
Nama     : Junita
Umur     : 19 tahun
Anamnese       : badan demam ± 2 hari, batuk, pilek, Flu dan perut terasa nyeri
TD                   : 100/60 mmHg
Temp     : 380C
Pols        : 80 x/i
RR                   : 20 x/i
Therapy  : amoxicillin, paracetamol, dexamethason, gg, ctm, vit. B comp,       antasida 3X1
v Merujuk ke rumah sakit apabila tidak bisa ditangani puskesmas         



e.     Imunisasi                  :
v Melakukan anamnese
v Menunjukkan KMS
v Pasien baru diberikan KMS baru
v Menimbang BB
v Melakukan pengukuran panjang badan bayi
v Melakukan pengukuran LILA
v Melakukan imunisasi seperti penyuntikan dll
v Memberikan obat
v Mencatat data di KMS peserta
v Memberikan konseling

f.       Gizi/Kesling    :
v Melakukan anamnese
v Menunjukkan KMS
v Pasien baru diberikan KMS baru
v Menimbang berat badan
v Melakukan pengukuran LILA
v Memberikan konseling gizi atau makanan sesuai dengan berat badan


g.     Poli Gigi           :
v Melakukan anamnese
v Melakukan vital sign
v Menetapkan diagnosa pasien
v Melakukan tindakan seperti pencabutan gigi dll
v Memberikan konseling
v Menuliskan resep obat pasien
v Merujuk pasien ke rumah sakit apabila tidak bisa ditangani di puskesmas

h.     Apotik             :
v Mengambil kertas resep pasien
v Menyiapkan obat pasien
v Memberikan obat kepada pasien sesuai resep
v Memberitahukan petunjuk pemakaian obat
v Pasien pulang, pembayaran pasien Umum : Rp. 10.000,-
v Pasien pulang, pembayaran pasien Askes : Gratis

Tugas Kantor Kepala Tata Usaha      :
§  Memimpin pelaksanaan tugas sub bagian tata usaha UPTD Puskesmas
§  Menyusun rencana dan program kerja sub bagian tata usaha UPTD Puskesmas
§  Mengoordinasikan dan mengendalikan kegiatan bawahan
§  Mendistribusikan pekerjaan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan
§  Mengoordinasikan pelaksanaan pengawasan pelayanan kesehatan masyarakat
§  Menyelenggarakan ketatausahaan yang meliputi administrasi umum, administrasi keuangan, administrasi kepegawaian, perlengkapan, perencanaan, dan pengolahan data.
§  Menyelenggarakan urusan rumah tangga lingkup UPTD puskesmas
§  Melaksanakan pengelolaan surat masuk/keluar dan menata serta memelihara semua arsip/naskah dinas
§  Memfasilitasi berbagai macam pengaduan masyarakat baik melalui kotak saran, media cetak/elektronik maupun yang datang secara langsung sesuai dengan kewenangan nya
§  Menyiapkan data, informasi dan dokumentasi sebagai bahan penyusunan laporan UPTD puskesmas
§  Memberikan saran pertimbangan kepada atasan, dan
§  Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala UPTD puskesmas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

ALUR PELAYANAN PUSKESMAS PASAR GAMBIR
KOTA TEBING TINGGI

Pasien Datang

Ruang kartu

Ruang Tunggu

Poli Umum
Poli
Gigi
KIA
KB
Imunisasi
Laboratorium
                                               
                                               
Apotik/Kasir
                                               
Pasien Pulang















STRUKTUR ORGANISASI PUSKESMAS PASAR GAMBIR KOTA TEBING TINGGI

Kepala Puskesmas
dr. Irvan D
Nip.197601082006041007
KA. Tata usaha
Safwan, SKM
Nip.197109101994031003
                                     
                                                         








 




Urusan Kesling
Rohana samosir, SKM
Nip.19670724989032001
Urusan Promkes
drg. Jenni Walsa. S
Nip.198101082011012005
Urusan KB/KIA
Herlina Pasaribu
Nip.196712291989032001
   

Pengobatan
dr. Indri wahyuni R
Nip.198406222010012042
Gizi
Rosdiana L. Tobing
Nip.196712291989032001
Urusan P2M
Yuslina, SST
Nip.1969081995032002
Urusan Pengembangan
drg. Jenni walsa S
Nip.198101082011012005








 
Bikel Bandar Utama
Erika Juniar
Nip.198707162009042002
Bikel Pasar Baru
Mahani
Nip.02.4.048.10344

                            






 
Bikel Pasar Gambir
Hamidah
Nip.197908262003122006
Bikel Mandailing
Hujaimah
Nip.02.4.048.10344
                  












DENAH PUSKESMAS











POLI
UMUM
 

LOKET
 

APOTEK
 

KIA/ KB
 


GIZI
 


KAMAR MANDI
 





KAMAR MANDI
 

LABORATURIUM
 


KANTOR KA.PUSKESMAS
 


IMUNISASI
 








                                                      RUANG TUNGGU





AULA

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking